PESANTREN AL-IKHLAS UJUNG

alikhlas

Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung didirikan oleh Prof. Dr. Nasaruddin Umar, M.A. pada 2000/1421 H sebagai wujud keprihatinan terhadap kualitas dan kuantitas pendidikan di dalam masyarakat, sementara tantangan di masa depan semakin menuntut sumber daya manusia yang handal.

Lembaga pendidikan pesantren dengan sistem boarding school sengaja dipilih karena sistem ini terbukti lebih efektif memberikan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai pendidikan secara komprehensif, meliputi keseimbangan aspek kognitif, keterampilan, dan psikomotorik di suatu pihak, dan keseimbangan antara kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual di pihak lain. Sistem ini juga lebih efektif  memproteksi anak-anak usia muda untuk tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas dengan segala akibat buruknya.

Kekhususan pesantren Al-Ikhlas dan sekaligus menjadi obsesinya ialah menerapkan kurikulum yang paralel antara ilmu-ilmu umum dan ilmu-ilmu agama, modifikasi kurikulum sendiri tetap memperhatikan kurikulum nasional. Penelurusan bakat dan minat para santri juga akan menjadi perhatian utama dengan segala konsekuensinya. Pihak yayasan akan melakukan out sourcing dan join program dengan pihak lain guna mewujudkan harapan-harapan yayasan.

Meskipun bernaung di bawah satu yayasan keluarga, Pondok Pesantren Al-Ikhlas tetap dikelola secara profesional, terbuka, transparan, dan demokratis. Yayasan ini tetap terbuka untuk melibatkan berbagai pihak guna mewujudkan visi, misi, dan tujuan Pondok Pesantren Al-Ikhlas.

Obsesi lain dari Pesantren Al-Ikhlas ialah mengupayakan alumni terbaiknya untuk melanjutkan studi ke luar negri, baik di negara-negara barat maupun di timur-tengah. Untuk itu, pengurus yayasan kini tengah menjajaki kerjasama (MoU) dengan beberapa Atase Pendidikan negara-negara maju dan instansi lain yang kemungkinan bisa mengusahakan beasiswa ke negara-negara yang dimaksud.

Foto oleh Pesantren Al-Ikhlas