Sabar sebagai Bentuk Kematangan Spiritual
04/29/2018
Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Dapat Penghargaan dari IMMIM
05/04/2018

Satgas Nusantara 2018 Gelar Tabligh Akbar di Poso

Poso, Jurnalsulawesi.com – Satgas Nusantara 2018 Polres Poso, menggelar Tabligh Akbar, di Lapangan Sintuwu Maraso, Kota Poso, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa (1/5/2018).

Tabligh Akbar yang diprakarsai pihak Kepolisian ini didukung Masyarakat, dan Ormas-ormas Islam di Kabupaten Poso ini dilaksanakan untuk mempertemukan seluruh komponen masyarakat, untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Dalam Tabligh Akbar itu, Imam Besar Imam Besar Mesjid Istiqlal, Prof. DR. H. Nasaruddin Umar, MA dalam tausiyahnya mengatakan, bangsa yang besar, adalah bangsa yang dapat menjaga toleransi dan saling menjaga keutuhan negara.

“Umat Islam di Indonesia telah terbukti menjunjung nilai-nilai toleransi dan menghormati umat lain. Bahkan, tingginya sikap tolerasi umat Islam di negeri ini, membuat negara-negara Islam yang besar banyak yang iri atas kenyamanan kehidupan kita, di mana Indonesia telah membuktikan bahwa Islam bukan agama teroris. Karena umat muslim dapat menjaga ketentraman dan umat agama lain bisa berdampingan dan merasakan kedamaian,” terangnya.

Tabligh Akbar yang dihadiri Kapolda Sulteng yang diwakili Wakapolda Polda Sulteng Kombes Pol Drs. Muh Aris Purnomo SH. MH bersama jajaran Polda Sulteng, Danrem 132 / Tadulako Kolonel Inf Agus Subiyanto SE, Wakil Bupati Poso Ir. T. Samsuri M.Si, Ketua DPRD Poso Ellen Ester Pelealu SE.M.Si, masyarakat dan unsur Muspida Kabupaten Poso.

Menurut Imam Besar Masjid Istiqlal, meski Indonesia bukan Negara Islam tetapi sangat Islamik dibanding Negara-negara Islam lainnya. “Sifat toleransi terbukti pada kegiatan hari ini, di mana tokoh umat Hindu, Kristen juga hadir di tengah Kita. Karena itu, Provinsi Sulteng khususnya Poso bisa dijadikan sebagai tempat untuk penelitian atau riset tentang keamanan dan toleransi antar umat beragama,” katanya.

Sebelumnya, Kapolda Sulteng yang diwakili Waka Polda Sulteng Kombes Pol Drs. Muh Aris Purnomo SH.MH dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Tabligh Akbar ini selain untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan Allah SWT, juga untuk membangun persatuan umat melalui komunikasi intelektual , spiritual dan social antar sesama manusia baik sesame muslim, maupun umat dengan agama lain.

“Alhamdulillah dengan semangat, upaya dan kerja keras seluruh masyarakat, Wilayah Sulawesi Tengah, baik Kabupaten Poso maupun Kabupaten Morowali dan Parimo yang melangsungkan Pilkada cukup aman dan kondusif,” jelasnya.

Wakapolda juga berpesan agar dalam memaknai demokratisasi di Indonesia tentang kebebasan berpendapat, masyarakat perlu mengantisipasi terhadap isu-isu yang dapat merusak keamanan dan ketertiban masyarakat, seperti maraknya pemberitaan hoax, munculnya ujaran kebencian, masih adanya sikap intoleran, berkembangnya ideologi anti Pancasila, penyebaran isu sara dan isu-isu lainnya dalam pilkada yang dapat memicu konflik di masyarakat.

“Selain meningkatkan keimanan dan taqwa kita kepada Allah SWT, mari kita tingkatkan upaya dan kerjasama dalam membangun toleransi antar umat beragama dan menciptakan suasana yang sejuk terutama juga dalam memantapkan stabilitas kamtibmas,” pintanya.

Sementara, Wakil Bupati Poso Ir. T. Samsuri M.Si dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini bersinergi dengan Misi Pemerintah Kabupaten Poso, yang menjadi satu bingkai Sintuwu Maroso, dalam persatuan masyarakat di wilayah Kab.Poso.

“Kondisi saat ini sangat berbeda dengan beberapa tahun silam, di mana Wilayah Poso pernah dilanda konflik horizontal, yang tentunya sangat tidak nyaman dirasakan masyarakat. Kiranya kehadiran bapak Prof.DR. H.Nasaruddin Umar,MA lebih menambah spririt, sehingga situasi dan persatuan masyarakat lebih menjadi erat dan baik,” harapnya.

Tabligh Akbar yang diikuti sekira 8000 warga itu juga dihadiri Dr. H. Najamuddin, S. Ag, S. Pd, M. Pd.I, Ketua MUI Kab. Poso KH. Arifin Tuamaka S.Ag. M.M, Ketua Umum SINODE GKST yang diwakili Pendeta Klasis Poso Kota Pdt. Budi Tarusu S.Th, Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Kab. Poso Bpk. Kadek Gunaya, Ketua muhammadiyah Abdu Umar ATT. M.Kes, Ketua FPI Kab. Poso Ustad. Sugianto Kaimudin S. Kep, Ketua Syamorganiser Ustad. Amin Arsal, Ketua FKUB Kab. Poso H. Yusuf Runa, S.Sos, Ketua Yayasan Wakaf Amanatul Umah Kab. Poso KH. Adnan Arsal S.Ag, Ketua PHBI Kab. Poso Atmajaya AT Mardjun, S.Sos, MM, serta tokoh agama, tokoh Wanita, tokoh Pemuda dan tokoh masyarakat Kabupaten Poso.

Kegiatan yang dimulai sekira Pukul 08.55 wita itu berkahir Pukul 11.35 dan ditutup dengan penyerahan Cinderamata oleh Waka Polda Sulteng Kombes Pol Drs. Muh Aris Purnomo SH.MH kepada Imam besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof.DR. H. Nasaruddin Umar, MA. [***]

Penulis; Sutrisno/*

Sumber: jurnalsulawesi.com

Foto Cyprianus Rowaleta